KISAH LAKON PETRUK DADI RATU

GENERASI BERKARAKTER 
KISAH LAKON  PETRUK DADI RATU

Karakter Tokoh Pewayangan (Membentuk Karakter Siswa dengan Contoh Tokoh yang Ada dalam Pewayangan) 


Sumber: http://ar-rachi.blogspot.com/2015/11/petruk-dadi-ratu.html  

    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur  tuan-tuannya. Seorang  Petruk yang pengabdi  tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan  tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar. Kian hari ia paham akan  berbagai karakter ndoro-ndoronya. maka Petruk sudah hafal dengan model  kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu. Suatu hari Petruk  memohon pada Gendruwo agar punya kesaktiannya yang bisa mengalahkan siapa saja. Maka ketika terjadi kekacauan ia ingin sekali menumpas kekacauan itu dan berhadapan langsung dengan yang bertanggung jawab telah membuat kerusuhan. 

    Singkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong. Petruk berulah dan menabrak segala tatanan yang sudah terlanjur menjadi kebiasan model kekuasaan di Mayapada. Petruk menjadi Prabu Kanthong Bolong berhasil menjungkirbalikkan  bahwa penguasa raja juga  mempunyai hak penuh untuk berlaku adil. Maka tidak boleh bertindak semaunya. Polah Prabu Kanthong Bolong tentunya membuat galau raja-raja yang lain. Hal ini membuat Kahyangan Junggring Saloka juga ikut  galau gelisah. Ini dibuktikan kawah Candradimuka ikut mendidih. Sebagai pertanda adanya „ontran-ontran” yang membahayakan kekuasan para dewa. Selanjutnya raja dan dewa membentuk persekutuan  secara mufakat guna melenyapkan raja biang keresahan yang telah mengganggu tatanan kenyamanan yang sudah terbentuk selama ini. Hasilnya skenario melenyapkan Prabu Kanthong Bolong gagal total. Prabu Kanthong Bolong tidak mati, justru mengamuk. Siapa saja yang mendekat dihajar habis-habiskan.  Baladewa dan Kresna termasuk yang kena sasarannya. Bahkan Batara Guru Sang Penguasa Kahyangan pun dibuat lari terbirit- birit Melihat kiprah tersebut bisa sebagai tanda yang mengisyaratkan kesaktian dan semua ajian yang dimiliki dewa dewa  dan raja-raja seperti tidak ada artinya menghadapi Prabu Kanthong Bolong. . Saatnya Semar Bodronoyo turun tangan untuk mengendalikan situasi yang ada. Semar Bodronoyo secara langsung sudah dapat menebak siapa sejatinya Prabu Kanthong Bolong. Ia menasihati Prabu Kanthong Bolong agar segera  sadar siapa sejatinya  sebenarnya Prabu kanthong Bolong. 

    Semar meminta Gareng untuk menyadarkan. Petruk. Ia pun mendekap Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan itu pun berubah seketika menjadi Petruk. Tak lama kemudian Petruk berlutut di hadapan Semar Bodronoyo. Dengan  berubahnya  Prabu Kanthong Bolong menjadi Petruk, maka lakon Petruk Dadi ratu berakhir. Petruk tersenyum tertawa dan kembali menjadi punakawan lagi secara resmi. Makna yang tersirat dari kisah Petruk jadi Ratu antara lain Bila di. 

    Posisi sebagai Penguasa  harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi  penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.  

Video berkaitan Petruk Dadi Ratu

Video Lakon Petruk dadi ratu Ki Seno

Komentar

  1. Nama:Nadia arnes tesa
    Kelas:12 Busana

    Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  2. Sangat bernilai moral yg tinggi

    BalasHapus
  3. Nama: Gabriele raissabella w
    No/kelas: 03/XII BO
    Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam bentuk dan makna lukisan dan
    sesuai dengan nilai pendidikan
    budaya dan karakter bangsa
    Kementerian Pendidikan dan
    Kebudayaan Republik Indonesia,
    yakni karakter integritas, nasionalis,
    dan mandiri.

    BalasHapus
  4. Nama: Monica Permata Sari
    Kelas: 12 Boga

    Mungkinkah seorang Petruk menjadi ratu. Petruk salah satu dari punakawan yang tugasnya menghibur tuan-tuannya.Petruk berulah dan menabrak segala tatanan yang sudah terlanjur menjadi kebiasan model kekuasaan di Mayapada. Sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata.

    BalasHapus
  5. Nama : ananda Egha saputri
    Kelas : 12boga
    Semar Bodronoyo secara langsung sudah dapat menebak siapa sejatinya Prabu Kanthong Bolong. Ia menasihati Prabu Kanthong Bolong agar segera sadar siapa sejatinya sebenarnya Prabu kanthong Bolong.

    BalasHapus
  6. Nama: martha oktaviana rahayu
    Kls: XII bo

    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu
    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar. Kian hari ia paham akan berbagai karakter ndoro-ndoronya. maka Petruk sudah hafal dengan model kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu. Suatu hari Petruk memohon pada Gendruwo agar punya kesaktiannya yang bisa mengalahkan siapa saSingkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong. Petruk berulah dan menabrak segala tatanan yang sudah terlanjur menjadi kebiasan model kekuasaan di Mayapada. Petruk menjadi Prabu Kanthong Bolong

    BalasHapus
  7. Nama : Shelvia Christina M
    Kelas : 11 Boga

    Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu.

    BalasHapus
  8. Nama : Tirta Anggra eni
    No.kls : 19 XII BUSANA
    Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu.kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar. Kian hari ia paham akan berbagai karakter ndoro-ndoronya. maka Petruk sudah hafal dengan model kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu

    BalasHapus
  9. Nama:sacharissa azzahra
    No: 10/12boga
    Petruk menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong, Petruk melabrak semua tatanan yang sudah terlanjur menjadi “main stream”. Dia menjungkir balikkan anggapan umum, bahwa penguasa boleh bertindak semaunya, bahwa raja punya hak penuh untuk berlaku adil ataupun tidak. Bertindak semaunya terhadap rakyat dan juga kerajaannya.
    Tentu saja, ulah Prabu Kanthong Bolong tersebut membuat resah raja-raja lainnya. Bahkan Kawah Candradimuka pun mendidih perlambang ada yang membahayakan pemerintahan kerajaan-kerajaan. Hingga keadaan semakin semrawut. Sampai akhirnya lurah Semar Bodronoyo turun tangan untuk mengendalikan situasi.Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan pun berubah seketika menjadi Petruk. Kemudian berlutut dihadapan Semar dan tersadarlah Petruk.
    “Maka seharusnya penguasa itu menghargai kawula. Penguasa itu harus berkorban demi kawula, tidak malah ngrayah uripe kawula (menjarah hidup rakyat). Kwasa iku kudu ana lelabuhane (kuasa itu harus mau berkorban). Kuasa itu bahkan hanyalah sarana buat lelabuhan, kendati ia masih berkuasa, ia tidak akan di-petung (dianggap) oleh rakyat. Raja itu bukan raja lagi, kalau sudah ditinggal kawula. Siapa yang dapat memangkunya, agar ia bisa menduduki tahta, kalau bukan rakyat? Raja yang tidak dipangku rakyat adalah raja yang koncatan (ditinggalkan) wahyu,”
    Itulah sepenggal cerita wayang Petruk dadi ratu semoga bisa menjadi inspirasi buat kita semua.

    BalasHapus
  10. No.12
    seperti kisah diatas bisa kita ibaratkan dengan tingkah laku kita sehari2 seperti kita malas belajar ya mungkin karena faktor ekonomi atau faktor yang sedang terjadi di tahun ini seperti virus Corona mungkin mnjadi alasan kita buat enggak belajar

    Kita bisa ambil simpulan dari kisah Petruk yang tidak bisa melihat kelakuan ndoro-ndoronya dan raja yang suka bikin resah, Petruk pun berpikir bagaimana bisa membuat seperti sedia kala dan singkat cerita dia pun bsa menuntas semuanya.

    BalasHapus
  11. Nama:Merry oktaviani
    No:6
    Kelas: Xll BO

    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya.
    Singkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong

    Petruk menjadi Prabu Kanthong Bolong berhasil menjungkirbalikkan bahwa penguasa raja juga mempunyai hak penuh untuk berlaku adil. Maka tidak boleh bertindak semaunya. Polah Prabu Kanthong Bolong tentunya membuat galau raja-raja yang lain.

    BalasHapus
  12. Nama:Merry oktaviani
    No:6
    Kelas: Xll BO

    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya.
    Singkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong

    Petruk menjadi Prabu Kanthong Bolong berhasil menjungkirbalikkan bahwa penguasa raja juga mempunyai hak penuh untuk berlaku adil. Maka tidak boleh bertindak semaunya. Polah Prabu Kanthong Bolong tentunya membuat galau raja-raja yang lain.

    BalasHapus
  13. Nama : Tabita Febriyanti
    Kelas : XI Boga / 11

    Dengan berubahnya Prabu Kanthong Bolong menjadi Petruk, maka lakon Petruk Dadi ratu berakhir. Petruk tersenyum tertawa dan kembali menjadi punakawan lagi secara resmi. Makna yang tersirat dari kisah Petruk jadi Ratu antara lain Bila di.

    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  14. Nama:milda hat fau
    Kelas:XI/boga
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    Maka tidak boleh bertindak semaunya.

    BalasHapus
  15. Nama:milda hat fau
    Kelas:XI/boga
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    Maka tidak boleh bertindak semaunya.

    BalasHapus
  16. Nama: Jose Andrian Ivan Cahyono
    Kelas: XI/Boga

    Makna:
    Ketidak becusan seorang pemimpin, atau seorang yang tidak layak menjadi pemimpin dijadikan pemimpin wal hasil adalah kekacauan.
    Nilai Karakter:
    Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, dan Gotong royong

    BalasHapus
  17. Nama: joicha liliana
    Kls/no: XXI boga/04

    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan rakyat. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    Seorang pemimpin tidak akan menjadi pemimpin tanpa kami para anggota yg memilih sama spt pemerintah tanpa adanya suara rakyat anda bukanlah pemimpin,jika anda bertindak semaunya jgn salahkan kami rakyat biasa yg akan membuat anda turun tahta.Jgn menjadi pemimpin jika anda tidak bisa memimpin alhasil hanya bisa membuat kekacauan.nilai nasionalis,musyawarah dan gotong royong sngt dibutuhkan untuk mewujudkan apa yg selama ini hanya menjadi gambaran

    BalasHapus
  18. Nama:Silvia Dp
    Kls/no:XIIBU/18
    Kisah lakon petruk dadi ratu mempunyai makna seseorang yang menjadi penguasa ya harus berani berjuang dn rela berkorban demi hak setiap rakyatnya,dan juga harus bisa memimpin dengan tatanan yang benar tidak semaunya sendiri agar tidak menimbulkan kekacauan.
    Nilai karakter pendidikan dalam cerita ini yakni karakter integritas, nasionalis,
    dan mandiri.

    BalasHapus
  19. Nama : Titha Maghfiroh
    Kelas : XI Seni Tari 2
    No : 29

    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata, bukan dengan cara yang curang Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    Maka tidak boleh bertindak semaunya.

    BalasHapus
  20. Nama : Nurul Intan Al Wakhidah
    Kelas : XI SENI TARI
    Pesan moralnya adalah Jangan memanfaatkan kekuasaan yang sementara untuk bertindak semena mena.

    BalasHapus
  21. MUHAMMAD ADI SANTOSA XI ST 2
    ketika sudah mendapatkan apa yang kita inginkan kita harus menjaga nya itu seperti kekuasaan dan jangan bertindak se enaknya

    BalasHapus
  22. gladis sonia indhiranata XI ST
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Nama:Saskirana Syaputri
    Kelas:XI ST2
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  25. nama : nur hazizah hayati
    kls : xist2
    no absen : 20
    posisi sebagai penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan rakyat jelata.

    BalasHapus
  26. Nama:Niken Dinda A.P
    Kelas:XIst2
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  27. Nama:Agnes sri yuliana
    Kelas: XI ST 2
    Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu.kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar. Kian hari ia paham akan berbagai karakter ndoro-ndoronya. maka Petruk sudah hafal dengan model kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Nama:Yeti Herawati
    Kelas:XI Seni Tari

    ketika kita ingin melakukan sesuatu hal apapun maka kita harus terus menerus berjuang, berusaha dan berkorban demi mencapai keinginan tersebut

    BalasHapus
  32. Balasan
    1. Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

      Hapus
  33. Nama :Isphaya Dewangi
    Kelas : XI ST2
    Pesan moral saya, walau sudah jadi penguasa, tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  34. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  35. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya

    BalasHapus
  36. Nama : Dania Chairunisa
    Kelas : XI Seni Tari 2

    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    Maka tidak boleh bertindak semaunya

    BalasHapus
  37. Pingkan Sekar Indriyani
    Kelas: XI Seni Tari 2

    Pesan moral yang bisa di ambil dari cerita Lakon Petruk Dadi Ratu yaitu:

    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak gendruwo. Petruk sebagai salah satu punakawan yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenang lebih. Suatu hari Petruk memohon pada gendruwo agar punya kesaktian yang bisa mengalahkan siapa saja. Singkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi prabu Kanthong Bolong.

    BalasHapus
  38. Nama :Bintang Riyan Firnanda
    kelas :XI SENI TARI 2

    Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu.

    BalasHapus
  39. Nama:Faisal ihsan riyanto
    Kelas:XI st 2
    No12
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata, bukan dengan cara yang curang Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    Maka tidak boleh bertindak semaunya

    BalasHapus
  40. Nama:Paulin Nadira deviana
    kelas: XI st 2
    absen:22

    BalasHapus
  41. Nama:Sabilla budi utami
    kelas:XI st2
    absen:25
    Dengan berubahnya Prabu Kanthong Bolong menjadi Petruk, maka lakon Petruk Dadi ratu berakhir. Petruk tersenyum tertawa dan kembali menjadi punakawan lagi secara resmi. Makna yang tersirat dari kisah Petruk jadi Ratu antara lain Bila di.

    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Nama:Prayana Arum P
    Kls:Xl absen:13
    KISAH LAKON PETRUK DADI RATU Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. charista joy s.s./ XI PT (06)

    mempertahankan kekuasaan dan tidak bertindak seenaknya, sebab posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya

    BalasHapus
  46. Petruk menjadi Prabu Kanthong Bolong berhasil menjungkirbalikkan bahwa penguasa raja juga mempunyai hak penuh untuk berlaku adil. Maka tidak boleh bertindak semaunya.

    nilai moral baik yaitu kejujuran, kerja keras sedangkan nilai moral buruk yaitu sombong

    BalasHapus
  47. Yanuar kharisma p
    18(XI PT)
    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya

    BalasHapus
  48. Nama : Anastasya Febriane Christie
    Kelas : XI PT
    Pesan moral yang bisa di ambil dari cerita Lakon Petruk Dadi Ratu yaitu:
    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak gendruwo. Petruk sebagai salah satu punakawan yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenang lebih. Suatu hari Petruk memohon pada gendruwo agar punya kesaktian yang bisa mengalahkan siapa saja. Singkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi prabu Kanthong Bolong.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Farah
    10(XI PT)
    Kisah lakon petruk dadi ratu mempunyai makna seseorang yang menjadi penguasa ya harus berani berjuang dn rela berkorban demi hak setiap rakyatnya,dan juga harus bisa memimpin dengan tatanan yang benar tidak semaunya sendiri agar tidak menimbulkan kekacauan.
    Nilai karakter pendidikan dalam cerita ini yakni karakter integritas, nasionalis,
    dan mandiri.

    BalasHapus

  51. Satriyo Bagas Istyaji 11 ST 3
    Petruk menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong, Petruk melabrak semua tatanan yang sudah terlanjur menjadi “main stream”. Dia menjungkir balikkan anggapan umum, bahwa penguasa boleh bertindak semaunya, bahwa raja punya hak penuh untuk berlaku adil ataupun tidak. Bertindak semaunya terhadap rakyat dan juga kerajaannya.
    Tentu saja, ulah Prabu Kanthong Bolong tersebut membuat resah raja-raja lainnya. Bahkan Kawah Candradimuka pun mendidih perlambang ada yang membahayakan pemerintahan kerajaan-kerajaan. Hingga keadaan semakin semrawut. Sampai akhirnya lurah Semar Bodronoyo turun tangan untuk mengendalikan situasi.Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan pun berubah seketika menjadi Petruk. Kemudian berlutut dihadapan Semar dan tersadarlah Petruk.
    “Maka seharusnya penguasa itu menghargai kawula. Penguasa itu harus berkorban demi kawula, tidak malah ngrayah uripe kawula (menjarah hidup rakyat). Kwasa iku kudu ana lelabuhane (kuasa itu harus mau berkorban). Kuasa itu bahkan hanyalah sarana buat lelabuhan, kendati ia masih berkuasa, ia tidak akan di-petung (dianggap) oleh rakyat. Raja itu bukan raja lagi, kalau sudah ditinggal kawula. Siapa yang dapat memangkunya, agar ia bisa menduduki tahta, kalau bukan rakyat? Raja yang tidak dipangku rakyat adalah raja yang koncatan (ditinggalkan) wahyu,”
    Itulah sepenggal cerita wayang Petruk dadi ratu semoga bisa menjadi inspirasi buat kita semua.

    BalasHapus
  52. Nama: Selvi Setia Ningrum
    No:26
    Kelas: XI ST 3

    Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari ituSemar meminta Gareng untuk menyadarkan. Petruk. Ia pun mendekap Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan itu pun berubah seketika menjadi Petruk. Tak lama kemudian Petruk berlutut di hadapan Semar Bodronoyo. Dengan berubahnya Prabu Kanthong Bolong menjadi Petruk, maka lakon Petruk Dadi ratu berakhir. Petruk tersenyum tertawa dan kembali menjadi punakawan lagi secara resmi. Makna yang tersirat dari kisah Petruk jadi Ratu antara lain Bila di.

    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  53. nama : fauziyyah afra rahmawati
    kelas : xi st 3
    no : 7
    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar. Kian hari ia paham akan berbagai karakter ndoro-ndoronya. maka Petruk sudah hafal dengan model kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu. Suatu hari Petruk memohon pada Gendruwo agar punya kesaktiannya yang bisa mengalahkan siapa saja

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. NAMA: ANANDA AURILLOVA RUTHDIAWATI
    KELAS: XI SENI TARI 3

    Kisah lakon petruk dadi ratu bermakna bahwa seseorang yang menjadikan dirinya penguasa, harus memberanikan diri untuk berjuang, serta memiliki sikap rela berkorban. Dan juga menjaga atau bertanggungjawab atas hak yang dimiliki para rakyatnya, dan menjadi pemimpin itu juga harus bisa memimpin dengan sikap dan tatanan yang baik dan benar, yaitu dengan tidak berperilaku semaunya sendiri agar tidak menimbulkan kekacauan.

    BalasHapus
  56. Yuli Putri Denisa
    XI SENI TARI 3

    Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar. maka Petruk sudah hafal dengan model kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu.

    Suatu hari Petruk memohon pada Gendruwo agar punya kesaktiannya yang bisa mengalahkan siapa saja. Maka ketika terjadi kekacauan ia ingin sekali menumpas kekacauan itu dan berhadapan langsung dengan yang bertanggung jawab telah membuat kerusuhan. Petruk berulah dan menabrak segala tatanan yang sudah terlanjur menjadi kebiasan model kekuasaan di Mayapada. Polah Prabu Kanthong Bolong tentunya membuat galau raja-raja yang lain.

    Sebagai pertanda adanya «ontran-ontran» yang membahayakan kekuasan para dewa. Selanjutnya raja dan dewa membentuk persekutuan secara mufakat guna melenyapkan raja biang keresahan yang telah mengganggu tatanan kenyamanan yang sudah terbentuk selama ini. Siapa saja yang mendekat dihajar habis-habiskan. Baladewa dan Kresna termasuk yang kena sasarannya.

    Bahkan Batara Guru Sang Penguasa Kahyangan pun dibuat lari terbirit- birit Melihat kiprah tersebut bisa sebagai tanda yang mengisyaratkan kesaktian dan semua ajian yang dimiliki dewa dewa dan raja-raja seperti tidak ada artinya menghadapi Prabu Kanthong Bolong. Saatnya Semar Bodronoyo turun tangan untuk mengendalikan situasi yang ada. Ia pun mendekap Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan itu pun berubah seketika menjadi Petruk. Makna yang tersirat dari kisah Petruk jadi Ratu antara lain Bila di.

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Nyimas Ayu Niken Hapsari
    11 St3/20
    Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu. Semar meminta Gareng untuk menyadarkan. Petruk. Ia pun mendekap Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan itu pun berubah seketika menjadi Petruk. Tak lama kemudian Petruk berlutut di hadapan Semar Bodronoyo. Dengan berubahnya Prabu Kanthong Bolong menjadi Petruk, maka lakon Petruk Dadi ratu berakhir. Petruk tersenyum tertawa dan kembali menjadi punakawan lagi secara resmi. Makna yang tersirat dari kisah Petruk jadi Ratu antara lain.

    BalasHapus
  59. Nama:Febiana Dwi Yuliana
    No:08
    Kelas:XI ST 3

    Kisah lakon petruk dadi ratu mempunyai makna seseorang yang menjadi penguasa ya harus berani berjuang dn rela berkorban demi hak setiap rakyatnya,dan juga harus bisa memimpin dengan tatanan yang benar tidak semaunya sendiri agar tidak menimbulkan kekacauan.
    Nilai karakter pendidikan dalam cerita ini yakni karakter integritas, nasionalis,
    dan mandiri.

    BalasHapus
  60. Nanda
    Xl St 3
    Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar. Kian hari ia paham akan berbagai karakter ndoro-ndoronya. maka Petruk sudah hafal dengan model kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu. Suatu hari Petruk memohon pada Gendruwo agar punya kesaktiannya yang bisa mengalahkan siapa saja. Maka ketika terjadi kekacauan ia ingin sekali menumpas kekacauan itu dan berhadapan langsung dengan yang bertanggung jawab telah membuat kerusuhan.

    BalasHapus
  61. Nama: Mellinda
    No:13
    Kelas: XI ST 3

    Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari ituSemar meminta Gareng untuk menyadarkan. Petruk. Ia pun mendekap Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan itu pun berubah seketika menjadi Petruk. Tak lama kemudian Petruk berlutut di hadapan Semar Bodronoyo. Dengan berubahnya Prabu Kanthong Bolong menjadi Petruk, maka lakon Petruk Dadi ratu berakhir. Petruk tersenyum tertawa dan kembali menjadi punakawan lagi secara resmi. Makna yang tersirat dari kisah Petruk jadi Ratu antara lain Bila di.

    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  62. Nama:esta
    Kls:st3 xl
    No:06
    Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya Pesan moralnya adalah Jangan memanfaatkan kekuasaan yang sementara untuk bertindak semena mena.

    BalasHapus
  63. Nama: Khairul Putra
    Ardiyansyah
    Nomor: 10
    Kelas. : 11 Seni Tari 3
    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk bisa jadi Ratu. Konon katanya Petruk itu bukan anak dari Semar melainkan anak dari Gendruwo.kita bisa mengambil pesan moralnya. Petruk juag sebagai salah satu punakawan, yang memiliki tugas sebagai pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu.Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan juga kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima sebenarnya Petruk sudah hafal dengan model kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu. Suatu hari Petruk memohon pada Gendruwo agar punya kesaktiannya yang bisa mengalahkan siapa saja. Singkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong.Petruk menjadi Prabu Kanthong Bolong berhasil menjungkirbalikkan bahwa penguasa raja juga mempunyai hak penuh untuk berlaku adil.Saatnya Semar Bodronoyo turun tangan untuk mengendalikan situasi yang ada. Semar Bodronoyo secara langsung sudah dapat menebak siapa sejatinya Prabu Kanthong Bolong. Semar meminta Gareng untuk menyadarkan. Petruk. Ia pun mendekap Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan itu pun berubah seketika menjadi Petruk.u
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya

    BalasHapus
  64. Terrinsha Graciana
    XI Seni Tari 3
    Petruk menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong, Petruk melabrak semua tatanan yang sudah terlanjur menjadi “main stream”. Dia menjungkir balikkan anggapan umum, bahwa penguasa boleh bertindak semaunya, bahwa raja punya hak penuh untuk berlaku adil ataupun tidak. Bertindak semaunya terhadap rakyat dan juga kerajaannya.
    Tentu saja, ulah Prabu Kanthong Bolong tersebut membuat resah raja-raja lainnya. Bahkan Kawah Candradimuka pun mendidih perlambang ada yang membahayakan pemerintahan kerajaan-kerajaan. Hingga keadaan semakin semrawut. Sampai akhirnya lurah Semar Bodronoyo turun tangan untuk mengendalikan situasi.Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan pun berubah seketika menjadi Petruk. Kemudian berlutut dihadapan Semar dan tersadarlah Petruk.
    “Maka seharusnya penguasa itu menghargai kawula. Penguasa itu harus berkorban demi kawula, tidak malah ngrayah uripe kawula (menjarah hidup rakyat). Kwasa iku kudu ana lelabuhane (kuasa itu harus mau berkorban). Kuasa itu bahkan hanyalah sarana buat lelabuhan, kendati ia masih berkuasa, ia tidak akan di-petung (dianggap) oleh rakyat. Raja itu bukan raja lagi, kalau sudah ditinggal kawula. Siapa yang dapat memangkunya, agar ia bisa menduduki tahta, kalau bukan rakyat? Raja yang tidak dipangku rakyat adalah raja yang koncatan (ditinggalkan) wahyu"

    BalasHapus
  65. Nama : Victoria Grace
    Kelas : XI SM2
    No. : 31

    Petruk menjadi Prabu Kanthong Bolong berhasil menjungkirbalikkan bahwa penguasa raja juga mempunyai hak penuh untuk berlaku adil. Maka tidak boleh bertindak semaunya.

    Nilai moral baik yaitu kejujuran, kerja keras sedangkan nilai moral buruk yaitu sombong.

    BalasHapus
  66. Nama: yonathan hans silaban
    Kelas:XI SM2
    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar.

    BalasHapus
  67. Nama: Novel Pradana Putra
    Kelas: XI SM 2
    No: 24

    Petruk menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong, Petruk melabrak semua tatanan yang sudah terlanjur menjadi “main stream”. Dia menjungkir balikkan anggapan umum, bahwa penguasa boleh bertindak semaunya, bahwa raja punya hak penuh untuk berlaku adil ataupun tidak. Bertindak semaunya terhadap rakyat dan juga kerajaannya.
    Tentu saja, ulah Prabu Kanthong Bolong tersebut membuat resah raja-raja lainnya. Bahkan Kawah Candradimuka pun mendidih perlambang ada yang membahayakan pemerintahan kerajaan-kerajaan. Hingga keadaan semakin semrawut. Sampai akhirnya lurah Semar Bodronoyo turun tangan untuk mengendalikan situasi.Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan pun berubah seketika menjadi Petruk. Kemudian berlutut dihadapan Semar dan tersadarlah Petruk.
    “Maka seharusnya penguasa itu menghargai kawula. Penguasa itu harus berkorban demi kawula, tidak malah ngrayah uripe kawula (menjarah hidup rakyat). Kwasa iku kudu ana lelabuhane (kuasa itu harus mau berkorban). Kuasa itu bahkan hanyalah sarana buat lelabuhan, kendati ia masih berkuasa, ia tidak akan di-petung (dianggap) oleh rakyat. Raja itu bukan raja lagi, kalau sudah ditinggal kawula. Siapa yang dapat memangkunya, agar ia bisa menduduki tahta, kalau bukan rakyat? Raja yang tidak dipangku rakyat adalah raja yang koncatan (ditinggalkan) wahyu,”
    Itulah sepenggal cerita wayang Petruk dadi ratu semoga bisa menjadi inspirasi buat kita semua.

    BalasHapus
  68. Nama : Michael
    Kelas : XI SM2
    No : 22
    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar. Kian hari ia paham akan berbagai karakter ndoro-ndoronya. maka Petruk sudah hafal dengan model kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu. Suatu hari Petruk memohon pada Gendruwo agar punya kesaktiannya yang bisa mengalahkan siapa saja

    BalasHapus
  69. Nama: Oktavian Bintang Pratama
    Kelas: XI SM 2
    No: 25
    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar.

    BalasHapus
  70. Nama:Favian Kelvin T.A
    Kelas:XISM2
    no:12

    Petruk menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong, Petruk melabrak semua tatanan yang sudah terlanjur menjadi “main stream”. Dia menjungkir balikkan anggapan umum, bahwa penguasa boleh bertindak semaunya, bahwa raja punya hak penuh untuk berlaku adil ataupun tidak. Bertindak semaunya terhadap rakyat dan juga kerajaannya.
    Tentu saja, ulah Prabu Kanthong Bolong tersebut membuat resah raja-raja lainnya. Bahkan Kawah Candradimuka pun mendidih perlambang ada yang membahayakan pemerintahan kerajaan-kerajaan. Hingga keadaan semakin semrawut. Sampai akhirnya lurah Semar Bodronoyo turun tangan untuk mengendalikan situasi.Prabu Kanthong Bolong yang gagah dan tampan pun berubah seketika menjadi Petruk. Kemudian berlutut dihadapan Semar dan tersadarlah Petruk.
    “Maka seharusnya penguasa itu menghargai kawula. Penguasa itu harus berkorban demi kawula, tidak malah ngrayah uripe kawula (menjarah hidup rakyat). Kwasa iku kudu ana lelabuhane (kuasa itu harus mau berkorban). Kuasa itu bahkan hanyalah sarana buat lelabuhan, kendati ia masih berkuasa, ia tidak akan di-petung (dianggap) oleh rakyat. Raja itu bukan raja lagi, kalau sudah ditinggal kawula. Siapa yang dapat memangkunya, agar ia bisa menduduki tahta, kalau bukan rakyat? Raja yang tidak dipangku rakyat adalah raja yang koncatan (ditinggalkan) wahyu"

    BalasHapus
  71. Nama: Gangsa Sindhu Aris S.
    Kelas:XI SM2
    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar.

    BalasHapus
  72. Nama:Dhanovan Dimaz A
    Kelas :XI SM 2
    No. :10

    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar.

    BalasHapus
  73. NAME: adha Sheva Wisnu Aji Saputra
    Kls: XI sm2
    No: 01

    [SEKALIAN, NOMER BOT WA GW +62 882-4502-8129]
    🗿👍

    Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam bentuk dan makna lukisan dan
    sesuai dengan nilai pendidikan
    budaya dan karakter bangsa
    Kementerian Pendidikan dan
    Kebudayaan Republik Indonesia,
    yakni karakter integritas, nasionalis,
    dan mandiri.


    Nilai moral: meliputi kejujuran, kesabaran, penolong, kerja keras, dan mampu menahan diri; serta nilai moral buruk meliputi sombong dan tidak kenal sopan santun.

    BalasHapus
  74. Nama: Fradesta
    Kelas: XI SM2
    No: 13

    Konon Petruk itu bukanlah anak dari Semar tetapi Petruk adalah anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak cerita dan pelajaran yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk merupakan salah satu punakawan, yang memiliki tugas pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenang lebih dari itu.

    Sehingga Petruk hanya dapat tertawa terbahak-bahak dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar.

    BalasHapus
  75. Nama : Denathiel Radhitya Saputra
    Absen : 09
    Kelas : XI SM2

    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu
    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar. Kian hari ia paham akan berbagai karakter ndoro-ndoronya. maka Petruk sudah hafal dengan model kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu. Suatu hari Petruk memohon pada Gendruwo agar punya kesaktiannya yang bisa mengalahkan siapa saSingkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong. Petruk berulah dan menabrak segala tatanan yang sudah terlanjur menjadi kebiasan model kekuasaan di Mayapada. Petruk menjadi Prabu Kanthong Bolong

    BalasHapus
  76. Nama: Rachela Krisna F
    Kelas: XI SM 2

    Pesan moral yang bisa di ambil dari cerita Lakon Petruk Dadi Ratu yaitu:
    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak gendruwo. Petruk sebagai salah satu punakawan yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenang lebih. Suatu hari Petruk memohon pada gendruwo agar punya kesaktian yang bisa mengalahkan siapa saja. Singkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi prabu Kanthong Bolong

    BalasHapus
  77. Nama: Alvito Damar Anggara
    No: 04
    Kelas: X1 Seni Musik 2

    Makna saka pitakon tentang kisah lakon Petruk dadi ratu yaitu Petruk itu bukan anak Semar,tapi anak genderuwo.

    Petruk salah satu dari punakawan yang tugasnya menghibur tuan-tuannya.
    Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya.

    BalasHapus
  78. Nama : Arell Elta Leora
    Kelas : XI sm2
    No : 6

    sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  79. Pesan moral yang bisa di ambil dari cerita Lakon Petruk Dadi Ratu yaitu:
    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak gendruwo. Petruk sebagai salah satu punakawan yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenang lebih. Suatu hari Petruk memohon pada gendruwo agar punya kesaktian yang bisa mengalahkan siapa saja. Singkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi prabu Kanthong Bolong

    BalasHapus
  80. Widya Pawistri Ayu Erandani
    XI ST 1/ seni tari
    30

    Inti dari Lakon Petruk Jadu Ratu adalah Petruk sebagai salah satu Punokawan yang bertugas mengabdi serta menghibur tuan-tuannya. Petruk tidak mempunyai wewenang lebih apalagi menjadi seorang ratu

    BalasHapus
  81. tiara elsa saputri
    Xl ST 1/ seni tari
    29
    sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  82. Nama:SITI MILATUL KHASANAH
    Kls: XI ST 1
    Pesan moral nya adalah : berjuangalah selagi jati dirimu belum kembali ke tahtamu karena , tugasmu blm selesai kalau jati dirimu belum ketemu artinya ...berusahalah untuk mencapai yg di inginkan.

    BalasHapus
  83. Nama: Alexandra Dindaregi F
    Kelas:XI ST1
    Lakon Petruk Dadi Ratu yaitu:
    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak gendruwo. Petruk sebagai salah satu punakawan yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenang lebih. Suatu hari Petruk memohon pada gendruwo agar punya kesaktian yang bisa mengalahkan siapa saja. Singkat kisahnya Petruk pun menjelma menjadi prabu Kanthong Bolong.
    “Maka seharusnya penguasa itu menghargai kawula. Penguasa itu harus berkorban demi kawula, tidak malah ngrayah uripe kawula (menjarah hidup rakyat). Kwasa iku kudu ana lelabuhane (kuasa itu harus mau berkorban). Kuasa itu bahkan hanyalah sarana buat lelabuhan, kendati ia masih berkuasa, ia tidak akan di-petung (dianggap) oleh rakyat. Raja itu bukan raja lagi, kalau sudah ditinggal kawula. Siapa yang dapat memangkunya, agar ia bisa menduduki tahta, kalau bukan rakyat? Raja yang tidak dipangku rakyat adalah raja yang koncatan (ditinggalkan) wahyu,”
    Itulah sepenggal cerita wayang Petruk dadi ratu semoga bisa menjadi inspirasi buat kita semua.

    BalasHapus
  84. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenang lebih dari itu

    BalasHapus
  85. Mungkinkah seorang Petruk menjadi ratu. Petruk salah satu dari punakawan yang tugasnya menghibur tuan-tuannya.Petruk berulah dan menabrak segala tatanan yang sudah terlanjur menjadi kebiasan model kekuasaan di Mayapada. Sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata.

    BalasHapus
  86. Nama : Elisabeth Fitriana Damaikawati
    No : 06
    Kelas : XI ST 1
    pesan moral yang dapat di ambil yaitu:
    semua itu harus di usahakan dgn berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    BalasHapus
  87. Nama : Fransiska Septiana Putri
    No :09
    Kelas : Xl seni tari 1


    Inti dari Lakon Petruk Jadu Ratu adalah Petruk sebagai salah satu Punokawan yang bertugas mengabdi serta menghibur tuan-tuannya. Petruk tidak mempunyai wewenang lebih apalagi menjadi seorang ratu

    BalasHapus
  88. Nama : Naisha Nahwa Firdauzi Murti
    Kelas : XI ST 1

    Pesan moral yang bisa kita ambil dari lakon Petruk jadi ratu
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.
    Dan jadiri sendiri, jangan menjadi diri orang lain

    BalasHapus
  89. Nama:RosaLina Dwi P
    Kelas/No.Absen:XI St 1/26

    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata, bukan dengan cara yang curang Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya.

    BalasHapus
  90. Nama:angky bintar cahyono
    Kelas/No.Absen:XI St 1/3

    Pesan moral yang bisa di ambil dari cerita Lakon Petruk Dadi Ratu yaitu:
    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak gendruwo. Petruk sebagai salah satu punakawan yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya.

    BalasHapus
  91. Nama : Nabhan Bagus Dzaki Setiawan
    Kelas : XI ST 1
    Absen : 20

    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  92. Nama : Rifqi Candra Widi Wijaya
    Kelas : XI ST 1
    No : 25
    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  93. Nama: Thisya Valend Adhitya
    No: 28
    Kelas: XI ST 1

    Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  94. Nama :Siti Milatul khasanah
    Kelas: XI ST 1
    No.absen:27
    Pesan moralnya adalah:berjuanglah selagi jatidirimu belum kembali ke tahtamu karena,tugasmu blm selesai kalau jati dirimu belum ketemu artinya...berusahalah untuk mencapai yg di inginkan

    BalasHapus
  95. NAMA:PUTRI FARADITA IDRIS
    KELAS:XI ST 1
    NO:24

    Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu.

    BalasHapus
  96. Nama : aliminzuhelneri
    Kls sm3
    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  97. Nama : Bagas pramudya
    Kls sm1
    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  98. NAMA:KEVIN
    KELAS:XI SM1
    Petruk menjadi Prabu Kanthong Bolong berhasil menjungkirbalikkan bahwa penguasa raja juga mempunyai hak penuh untuk berlaku adil. Maka tidak boleh bertindak semaunya.

    BalasHapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. NAMA : HANUNG EKA F
    KELAS : Xl SM 1
    Maka Petruk hanya dapat tertawa geli dan kadang-kadang melancarkan protes ketika kelakuan tuantuanntya yang tidak dapat diterima nalar. Kian hari ia paham akan berbagai karakter ndoro-ndoronya. maka Petruk sudah hafal dengan model kekuasaan yang berlaku di Karang Kedempel dari waktu waktu. Suatu hari Petruk memohon pada Gendruwo agar punya kesaktiannya yang bisa mengalahkan siapa saja

    BalasHapus
  101. Nama : Raka Danu Prihantoro
    Kelas. :XI SM 1
    Pesan moral yang bisa kita ambil dari lakon Petruk jadi ratu
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.
    Dan jadiri sendiri, jangan menjadi diri orang lain

    BalasHapus
  102. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  103. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  104. Nama: Daffa ramadhan liberta
    No. : 07
    Kelas : XI SM 1

    . Ia mungkin sudah jadi istilah
    asing. Padahal “Petruk” bukan cuma sebuah nama. Ia merupakan tokoh yang sangat erat kaitannya dengan budaya orang Jawa (Tengah), khususnya dalam pagelaran wayang kulit. Walaupun ia memang tak tercantum dalam kitab Mahabarata dari India, kitab yang konon dikenal sebagai salah satu sumber jalan cerita pewayangan itu. Petruk murni diciptakan dari leluhur seniman Jawa. Ia lahir dan hidup di tanah Jawa.

    BalasHapus
  105. Nama:Muqorrobin Wahhabi Yulianto
    kelas:XISM 1
    Pesan moral yang bisa di ambil dari cerita Lakon Petruk Dadi Ratu yaitu:
    Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak gendruwo. Petruk sebagai salah satu punakawan yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya

    BalasHapus
  106. Nama :Nabila Qurratul'Ain
    Kelas : 11sm 1
    berjuangalah selagi jati dirimu belum kembali ke tahtamu karena , tugasmu blm selesai kalau jati dirimu belum ketemu artinya ...berusahalah untuk mencapai yg di inginkan.

    BalasHapus
  107. Nama: Sasa Safira N
    Kelas: XI SM 1

    Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  108. Nama : Ridwan alif
    Kelas. :XI SM 1
    Pesan moral yang bisa kita ambil dari lakon Petruk jadi ratu
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.
    Dan jadiri sendiri, jangan menjadi diri orang lain

    BalasHapus
  109. Rafelino Deva Lorenzo Xl SM 1 berjuangalah selagi jati dirimu belum kembali ke tahtamu karena , tugasmu blm selesai kalau jati dirimu belum ketemu artinya ...berusahalah untuk mencapai yg di inginkan.

    BalasHapus
  110. nama:Yasmin Shinta fatorahma
    kelas: xi sm 1
    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  111. Nama: Risa Miftahul Jannah
    Kelas: Xl SM 1

    Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus

  112. Vanecia Grace Geovani
    30
    Xsm1

    Inti dari Lakon Petruk Jadu Ratu adalah Petruk sebagai salah satu Punokawan yang bertugas mengabdi serta menghibur tuan-tuannya. Petruk tidak mempunyai wewenang lebih apalagi menjadi seorang ratu

    BalasHapus
  113. Rafi Almuiz
    kls XI SM 1
    Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenang lebih dari itu

    BalasHapus
  114. Inti dari Lakon Petruk Jadu Ratu adalah Petruk sebagai salah satu Punokawan yang bertugas mengabdi serta menghibur tuan-tuannya. Petruk tidak mempunyai wewenang lebih apalagi menjadi seorang ratu

    BalasHapus
  115. Nama: Maulana Isak P
    Kelas: XI SM 1
    Petruk menjelma menjadi Prabu Kanthong Bolong, Petruk melabrak semua tatanan yang sudah terlanjur menjadi “main stream”. Dia menjungkir balikkan anggapan umum, bahwa penguasa boleh bertindak semaunya, bahwa raja punya hak penuh untuk berlaku adil ataupun tidak. Bertindak semaunya terhadap rakyat dan juga kerajaannya.

    BalasHapus
  116. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  117. Vanessa putri Kusuma w
    XI SM 1
    Mungkinkah seorang Petruk menjadi ratu. Petruk salah satu dari punakawan yang tugasnya menghibur tuan-tuannya.Petruk berulah dan menabrak segala tatanan yang sudah terlanjur menjadi kebiasan model kekuasaan di Mayapada. Sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata.

    BalasHapus
  118. Nama : Muhammad rafilito
    Kls sm1
    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  119. Nama: Abhi Akbar Pratama
    Kelas: XISM1
    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  120. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  121. Nama:Nikita anastasya
    Kelas:XI SM 1
    Posisi sebagai Penguasa harus berjuang dan berkorban demi memperjuangkan kawula atau rakyat jelata. Hak rakyat tidak boleh dijarah hidupnya. Penguasa tidak akan menjadi penguasa lagi kalau rakyat meninggalkannya.

    Maka tidak boleh bertindak semaunya.

    BalasHapus
  122. Nama:Rizky Ardiansyah
    kelas: XI SM 1
    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  123. Rafly Arga P.A
    Kelas:XI sm1
    Dari judulnya Petruk Jadi Ratu sudah mengundang tanya. Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenamg lebih dari itu

    BalasHapus
  124. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  125. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Seorang Petruk yang pengabdi tidak mempunyai wewenang lebih dari itu

    BalasHapus
  126. Nama Rizky putra p
    Kelas XI SM2
    Mungkinkah seorang Petruk jadi Ratu. Konon Petruk itu bukan anak Semar tetapi anak Gendruwo. Ternyata dari lakon ini banyak yang bisa diambil pesan moralnya. Petruk sebagai salah satu punakawan, yang tugasnya pengabdi sekaligus menghibur tuan-tuannya. Dia menjungkir balikkan anggapan umum, bahwa penguasa boleh bertindak semaunya, bahwa raja punya hak penuh untuk berlaku adil ataupun tidak. Bertindak semaunya terhadap rakyat dan juga kerajaannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIAPAKAH TOKOH SEMAR ?

KISAH LAKON SEMAR MANEGES